Kamis, 25 November 2010

Bahasa Arab


Huruf Hijaiyah
Terdapat 28 huruf dasar (asas/asli) di dalam Al-Quran dan 2 huruf pengganti yang dikenal juga dengan nama huruf-huruf Hijaan atau Hijaiyah, yaitu:

















Huruf-Huruf Syafawiyah (Bibir)

Huruf-hurufnya adalah: ba, wau, mim dan fa .Huruf ba, wau dan mim makhrajnya di antara dua bibir.Huruf fa makhrajnya di bagian dalam bibir bawah serta ujung gigi seri atas.






Huruf-Huruf Litsawiyah (Gusi)

Huruf-hurufnya adalah: zha, dal dan tsa .Huruf zha, dal dan tsa keluar dengan menempelkan ujung lidah di ujung gigi seri atas.






Huruf-Huruf Nith'iyah (Langit-langit Mulut)

Huruf-hurufnya adalah: tha, dal dan ta .Huruf tha, dal dan ta makhrajnya di ujung lidah lewat pangkal gigi seri atas.







Huruf-Huruf Dzalaqiah (Pinggir Lidah)

Huruf-hurufnya adalah: lam, nun dan ra .Huruf lam makhrajnya adalah di ujung lidah sejajar dengan gusi atas. Huruf nun makhrajnya adalah di ujung lidah, sedikit di bawah makhraj lam.Huruf ra makhrajnya adalah di ujung lidah, sedikit di bawah makhraj nun.

 






Huruf-Huruf Asaliyah (Ujung Lidah)

Huruf-hurufnya adalah: zay, sin dan shad .Huruf zay, sin dan shad makhrajnya di ujung lidah lewat gigi seri atas, yaitu di atas gigi seri bawah dengan sedikit kelonggaran.

 





Huruf-huruf Syajariah (Tengah Lidah)

Huruf-hurufnya adalah: jim, syin, ya dan dhad .Huruf jim, syin dan ya makhrajnya di lidah bagian tengah, sejajar dengan langit-langit keras bagian atas. Huruf dhad makhrajnya di sisi lidah, sejajar dengan geraham bagian atas.

 





Huruf-Huruf Lahawiyah (Tekak)

Huruf-hurufnya adalah: qaf dan kaf .Huruf qaf makhrajnya di pangkal lidah dekat tenggorokan, sejajar dengan langit-langit lunak.Huruf kaf makhrajnya di pangkal lidah, sejajar dengan langit-langit lunak, sedikit di bawah makhraj qaf.







Huruf-huruf KhalQiyah (Tenggorokan)

Huruf-hurufnya adalah: hamzah, ha', 'ain, ha, ghain dan kha .Huruf hamzah dan ha’ makhrajnya di tenggorokan bagian dalam.Huruf ‘ain dan ha makhrajnya di tenggorokan bagian tengah.Huruf ghain dan kha makhrajnya di tenggorokan bagian luar.

 








SIFAT-SIFAT HURUF BERLAWANAN

1.     Syiddah dan Rakhawah

Kalimat SyiddahSyiddah, yaitu: Menahan suara sejenak di tempat makhraj, kemudian melepaskannya secara tiba-tiba bersama udara. Sifatnya kuat, lawannya Rakhawah. Hurufnya ada 8, yaitu yang tergabung dalam kalimat:





Rakhawah, yaitu: Meluncurnya suara ketika melafalkan huruf tanpa ada hambatan karena pertemuan dua organ penutur di tempat makhraj lemah. Sifatnya lemah, lawannya Syiddah.Hurufnya ada 15, yaitu selain huruf Syiddah dan Mutawassith.




2.     Ishmat dan Idzlaq

Ishmat, yaitu: Huruf yang agak berat dan tidak dapat dilafalkan dengan cepat karena makhrajnya jauh dari ujung lidah. Sifatnya kuat, lawannya Idzlaq.Hurufnya ada 22, yaitu selain huruf Idzlaq.

 



Kalimat IdzlaqIdzlaq, yaitu: Huruf yang dapat diucapkan dengan ringan dan cepat karena makhrajnya di ujung lidah. Sifatnya lemah, lawannya Ishmat. Hurufnya ada 6, yaitu yang tergabung dalam kata:


3.     Ithbaq dan Infitah

Ithbaq, yaitu: Mengangkat lidah ke arah langit-langit lunak ketika melafalkan huruf. Sifatnya kuat, lawannya Infitah. Hurufnya ada 4, yaitu: Shad, Dhad, Tha dan Zha.




Infitah, yaitu: Merenggangkan lidah dari langit-langit lunak ketika melafalkan huruf. Sifatnya lemah, lawannya Ithbaq.Hurufnya ada 24, semua huruf hijaiyah selain Shad, Dhad, Tha dan Zha.




4.     Isti'la' dan Istifal

Kalimat Isti'la'Isti'la', yaitu:Terangkatnya sebagian besar lidah ketika melafalkan huruf. Sifatnya kuat, lawannya Istifal. Hurufnya ada 7, yaitu yang tergabung dalam kalimat:


 





Istifal, yaitu: Menuturkan huruf dengan menurunkan sebagian besar lidah ke dasar permukaan mulut. Sifatnya lemah, lawannya Isti'la'.Hurufnya ada 21, yaitu selain huruf-huruf Isti'la'.



5.     Jahr dan Hams

Jahr, yaitu: Tertahannya nafas di tempat makhraj ketika melafalkan huruf karena persentuhan/tempelan antara dua organ penutur sangat kuat di tempat makhraj tersebut. Sifatnya kuat, lawannya Hams.Hurufnya ada 18, yaitu selain huruf-huruf Hams.



Kalimat HamsHams, yaitu: Meluncurnya nafas ketika melafalkan huruf tanpa ada hambatan, karena persentuhan antara dua organ penutur di tempat makhraj sangat lemah. Sifatnya lemah, lawannya Jahr. Hurufnya ada 10, yaitu yang tergabung dalam kalimat:


 






SIFAT-SIFAT HURUF TUNGGAL

1.     Huruf Ghunnah

Ghunnah yaitu :Suatu bacaan disebut ghunnah apabila ada bacaan Nun dan Mimbertasydid . Ghunnah artinya dengungan dan hokum bacaannya wajibul ghunnah (harus didengungkan).Penekanan ghunnah lebih kuat dibandingkan dengan bacaan idh-gham bila-ghunnah, hal ini karena bacaan ghunnah didahului harakat fathah, kasroh dan dhommah (huruf Mim dan Nun harus bertasydid).



 




2.     Huruf Khafa'

Khafa', yaitu: Hilangnya sebagian suara huruf ketika melafalkannya. Sifatnya lemah. Hurufnya ada 3, yaitu: Ha, Wau dan Ya.




3.     Huruf Istithalah

Istithalah, yaitu: Memanjangnya suara pada makhraj huruf. Sifatnya kuat. Hurufnya ada 1, yaitu: Dhad.




4.     Huruf Tafasysyi

Tafasysyi, yaitu: Tersebarnya udara dalam mulut ketika melafalkan huruf. Sifatnya kuat. Hurufnya ada 1, yaitu: Syin.




5.     Huruf Takrir

Takrir, yaitu: Bergetarnya ujung lidah ketika melafalkan huruf. Sifatnya kuat. Hurufnya ada 1, yaitu: Ra.



6.     Huruf Inhiraf

Inhiraf, yaitu: Beralihnya suatu huruf setelah keluar dari makhrajnya kepada makhraj huruf lain. Sifatnya kuat. Hurufnya ada 2, yaitu: Lam dan Ra.




7.     Huruf Layin

Layin, yaitu: Keluarnya suara dengan mudah dan memanjang. Sifatnya lemah. Hurufnya ada 2, yaitu: Wau dan Ya.



8.     Bacaan Qalqalah

Huruf QalqalahQalqalah: Qalqalah menurut bahasa, berarti getaran. Menurut istilah tajwid, getaran suara terjadi ketika mengucapkan huruf yang sukun sehingga menimbulkan semacam aspirasi suara yang kuat, baik sukun asli ataupun tidak.Huruf qalqalah ada 5, yaitu yang tergabung dalam yaitu: huruf Huruf Qaf, Huruf Tha, Huruf Ba, Huruf Jimdan Huruf Dal

Syarat qalqalah: Hurufnya harus sukun, baik sukun asli atau yang terjadi karena berhenti pada huruf qalqalah.

9.     Sifat Huruf Shafir

Shafir, yaitu: Suara tambahan yang mirip suara siulan. Sifatnya kuat. Hurufnya ada 3, yaitu: Zay, Sin dan Shad



10.Sifat Huruf Mutawassith

Kalimat MutawassithMutawassith (Pertengahan), yaitu: Menyederhanakan suara ketika melafalkan huruf. Sifatnya antara Syiddah dan Rakhawah. Hurufnya ada 5, yaitu yang tergabung dalam kalimat:


 






SIFAT MASING-MASING HURUF

1.                   Alif (hamzah)

Termasuk kelompok huruf-huruf Halqiyah (Tenggorokan) Sifat-sifatnta: Jahr - Istifal - Infitah - Ishmat - Syidda

 

2.                  Ba
Termasuk kelompok huruf-huruf Syafawiyah (Bibir) Sifat-sifatnta: Jahr - Istifal - Infitah - Idzlaq - Syiddah - Qalqalah

3.                  Ta
Termasuk kelompok huruf-huruf Nith'iyah (Langit-Langit) Sifat-sifatnta: Hams - Istifal - Infitah - Ishmat - Syiddah

4.                  Tsa
Termasuk kelompok huruf-huruf Litsawiyah (Gusi) Sifat-sifatnta: Hams - Istifal - Infitah - Ishmat - Rakhawah

5.                  Jim
Termasuk kelompok huruf-huruf Syajariyah (Tengah Lidah)
Sifat-sifatnta: Jahr - Istifal - Infitah - Ishmat - Syiddah - Qalqalah

6.                  Ha
Termasuk kelompok huruf-huruf Halqiyah (Tenggorokan) Sifat-sifatnta: Hams - Istifal - Infitah - Ishmat - Rakhawah

7.                  Kha
Termasuk kelompok huruf-huruf Halqiyah (Tenggorokan) Sifat-sifatnta: Hams - Isti'la' - Infitah - Ishmat - Rakhawah



8.                  Dal
Termasuk kelompok huruf-huruf Nith'iyah (Langit-Langit) Sifat-sifatnta: Jahr - Istifal - Infitah - Ishmat - Syiddah - Qalqalah

9.                  Dzal
Termasuk kelompok huruf-huruf Litsawiyah (Gusi) Sifat-sifatnta: Jahr - Istifal - Infitah - Ishmat - Rakhawah

10.              Ra 
Termasuk kelompok huruf-huruf Dzalaqiyah (Pinggir Lidah) Sifat-sifatnta: Jahr - Istifal - Infitah - Idzlaq - Mutawassith - Inhiraf -  Takrir

11.              Zay
Termasuk kelompok huruf-huruf Asaliyah (Ujung Lidah)Sifat-sifatnta: Jahr - Istifal - Infitah - Ishmat - Rakhawah - Shafir

12.              Sin
Termasuk kelompok huruf-huruf Asaliyah (Ujung Lidah) Sifat-sifatnta: Hams - Istifal - Infitah - Ishmat - Rakhawah - Shafir

13.              Syin
Termasuk kelompok huruf-huruf Syajariyah (Tengah Lidah) Sifat-sifatnta: Hams - Istifal - Infitah - Ishmat - Rakhawah - Tafasysyi

14.              Shad
Termasuk kelompok huruf-huruf Asaliyah (Ujung Lidah) Sifat-sifatnta: Hams - Isti'la' - Ithbaq - Ishmat - Rakhawah - Shafir

15.              Dhad
Termasuk kelompok huruf-huruf Syajariyah (Tengah Lidah) Sifat-sifatnta: Jahr - Isti'la' - Ithbaq - Ishmat - Rakhawah - Istithalah

16.              Tha
Termasuk kelompok huruf-huruf Nith'iyah (Langit-Langit) Sifat-sifatnta: Jahr = Isti'la' - Ithbaq - Ishmat - Syiddah - Qalqalah

17.              Zha
Termasuk kelompok huruf-huruf Litsawiyah (Gusi) Sifat-sifatnta: Jahr - Isti'la' - Ithbaq - Ishmat - Rakhawah

18.              'Ain
Termasuk kelompok huruf-huruf Halqiyah (Tenggorokan) Sifat-sifatnta: Jahr - Istifal - Infitah - Ishmat - Mutawassith

19.              Ghain
Termasuk kelompok huruf-huruf Halqiyah (Tenggorokan) Sifat-sifatnta: Jahr - Isti'la' - Infitah - Ishmat - Rakhawah


20.              Fa
Termasuk kelompok huruf-huruf Syafawiyah (Bibir) Sifat-sifatnta: Hams - Istifal - Infitah - Idzlaq - Rakhawah

21.              Qaf
Termasuk kelompok huruf-huruf Lahawiyah (Tekak) Sifat-sifatnta: Jahr - Isti'la' - Infitah - Ishmat - Syiddah - Qalqalah

22.              Kaf
Termasuk kelompok huruf-huruf Lahawiyah (Tekak) Sifat-sifatnta: Hams - Istifal - Infitah - Ishmat - Syiddah

23.              Lam
Termasuk kelompok huruf-huruf Dzalaqiyah (Pinggir Lidah)Sifat-sifatnta: Jahr - Istifal - Infitah - Idzlaq - Mutawassith - Inhiraf

24.              Mim
Termasuk kelompok huruf-huruf Syafawiyah (Bibir) Sifat-sifatnta: Jahr - Istifal - Infitah - Idzlaq - Mutawassith - Ghunnah

25.              Nun
Termasuk kelompok huruf-huruf Dzalaqiyah (Pinggir Lidah) Sifat-sifatnta: Jahr - Istifal - Infitah - Idzlaq - Mutawassith - Ghunnah

26.              Wau
Termasuk kelompok huruf-huruf Syafawiyah (Bibir) Sifat-sifatnta: Jahr - Istifal - Infitah - Ishmat - Rakhawah - Layin - Khafa'

27.              Ha'
Termasuk kelompok huruf-huruf Halqiyah (Tenggorokan) Sifat-sifatnta: Hams - Istifal - Infitah - Ishmat - Rakhawah - Khafa'

28.              Ya
Termasuk kelompok huruf-huruf Syajariyah (Tengah Lidah) Sifat-sifatnta: Jahr - Istifal - Infitah - Ishmat - Rakhawah - Layin - Khafa'






2 komentar:

  1. heeheheh..... rada acak2kan ..... boss... tp... wokeh lah..buat pemula..... lanjut boss

    BalasHapus
  2. hehehe...........
    mkana ajarkan dunk.
    xixi...........

    BalasHapus